Angka Pencari Kerja Tinggi, Anak Muda Jangan Hanya Mengejar PNS

Angka Pencari Kerja Tinggi, Anak Muda Jangan Hanya Mengejar PNS

Angka pencari kerja di Kabupaten Bantul tergolong tinggi. Meski demikian lapangan kerja yang ad terbatas. Untuk itu, anak muda diharapkan lebih kreatif dan inovatif supaya dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Anak muda di Bantul jangan hanya menunggu datangnya pekerjaan apalagi hanya mengejar PNS. Sukses menjadi pengusaha justru berlipat. Anak muda mulai cinta menjadi pengusaha karena tak diatur oleh jam, memiliki penghasilan berpotensi lebih besar dan bebas,”   jelas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bantul, Drs Isdarmoko,MPd,MPar disela sela Penumbuhan Potensi Pemuda Bidang Wirausaha di Aula Bank Bantul, Selasa (23/2).

Isdarmoko menambahkan Dikpora sangat berkomitmen dengan pengembangan dan penumbuhan semangat kewirausahaan. Adapun menggenjot pertumbuhan ekonomi kreatif merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Direktur Utama (Dirut) Bank Bantul , Aristini Sriyatun menambahkan PT PD BPR Bank Bantul fokus pada pemulihan UMKM utamanya saat pandemi. Adapun total aset Bank Bantul saat ini sudah mencapai Rp 492 miliar, pada tahun 2000 lalu aset masih Rp 9,5 miliar.

“Fokus kami pada UMKM di Bantul dengan memberikan bantuan subsidi bunga total Rp 1,5 miliar bagi ribuan nasabah,” jelasnya.

Hingga saat ini capaian UMKM Bantul yang diberikan pinjaman lunak oleh Bank Bantul sudah mengkaver 30 persen lebih dengan nilai Rp 150 miliar. Adapun pinjaman tersebut diperuntukkan bagi pedagang pasar dan UMKM dengan pinjaman lunak tanpa modal kisaran Rp 1 juta hingga Rp 8 juta per orang yang membentuk kelompok.

Ketua BPC Hipmi Bantul, Deddy Prasetyawan menambahkan pelatihan dilakukan khusus bagi wirausaha muda berusia kurang dari 30 tahun dan sudah memiliki rintisan usaha minimal 1 tahun. Kegiatan dilakukan sesuai protokol kesehatan dengan pembatasan peserta maksimal 30 orang. Adapun pada pelatihan kali ini wirausaha muda dari Kapanewon Dlingo.

Beberapa narasumber yang dihadirkan di antaranya Pelatih Indonesia Coach Wulan, Yoga Aria Sena dari Shopee, Sukhoy dan Laura P wirausaha muda berprestasi.

Sumber:

https://www.krjogja.com/uncategorized/angka-pencari-kerja-tinggi-anak-muda-jangan-hanya-mengejar-pns/3/

No Comments

Post A Comment